Sunday 12 August 2012

lanjutan

2.1.5.2 Katup 4/2
Katup 4/2 mempunyai 4 lubang dan 2 posisi kontak. Sebuah katup 4/2
dengan kedudukan piringan adalah sama konstruksi dengan kombinasi
gabungan dua katup 3/2 : satu katup N/C dan satu katup N/O. Konstruksi katup
4/2 dengan posisi awal ( tidak tertekan ) seperti pada gambar di bawah :




Jika dua tuas diaktifkan secara bersamaan, saluran  1(P) ke 2(B) dan 4(A)
ke 3(R) ditutup oleh gerakan pertama. Dengan menekan tuas katup selanjutnya
piringan melawan gaya pegas pengembali , aliran antara saluran 1(P) ke 4(A)
dan 2(B) ke 3(R) terbuka. Tuas katup bisa dioperasikan dengan menambah pada
bagian puncak tuas dengan lengan rol atau tombol tekan.
Katup 4/2 dudukan piringan, tertekan diperlihatkan seperti pada gambar di
bawah :








2.1.5.3 Katup 4/3
Katup 4/3 mempunyai 4 lubang dan 3 pos
adalah katup geser pelat dengan pengaktifa
diperlihatkan seperti pada gambar di bawah :




Pada saat posisi normal ( pegangan di tengah ), semua lubang terblokir.
Pada saat aktif, kanal-kanal sirkulasi akan saling  berhubungan dengan
berputarnya dua piringan. Jika pegangan diputar ke  kanan, aliran dari 1(P) ke
4(A) dan 2(B) ke 3(R) terbuka. Sedangkan jika pegangan diputar kekiri, aliran
dari 1(P) ke 2(B) dan 4(A) ke 3(R) terbuka.
2.1.5.4 Katup 5/2
Katup 5/2 mempunyai 5 lubang dan 2 posisi kontak. Katup ini dipakai
sebagai elemen kontrol akhir untuk menggerakkan silinder.Katup geser
memanjang adalah contoh katup 5/2. Sebagai elemen kontrol, katup ini memiliki
sebuah piston kontrol yang dengan gerakan horisontalnya menghubungkan
atau memisahkan saluran yang sesuai. Tenaga pengoperasiannya adalah kecil
sebab tidak ada tekanan udara atau tekanan pegas yang harus diatasi ( prinsip
dudukan bola atau dudukan piring ).
Pada katup geser memanjang semua cara pengaktifan manual, mekanis,
elektris atau pneumatis adalah mungkin. Juga untuk pengembalian katup ke
posisi awal, dapat digunakan cara-cara pengaktifan  ini.Jalan pengaktifan jauh
lebih panjang dari pada katup duduk. Dalam memasangkatup geser, perapatan
menjadi masalah . Perapatan yang sudah dikenal dalam hidrolik : “Logam pada
logam“ memerlukan pengepasan piston geser secara tepat ke dalam
rumahnya.
Pada katup pneumatik, jarak antara dudukan dan rumahnya tidak boleh
lebih dari 0,002 - 0,004 mm, kalau tidak kerugian kebocoran akan menjadi lebih
besar. Untuk menghemat biaya pemasangan yang mahal,dudukan sering
memakai seal jenis O. Untuk menjaga kerusakan seal,lubang sambungan bisa
ditempatkan di sekitar keliling rumah dudukan.
Contoh katup 5/2 , prinsip geser mendatar sebagai berikut :



Metode lain dari seal adalah menggunakan sebuah dudukan piring
penutup dengan gerakan memutus-menghubung relatif kecil. Dudukan piringan
seal menyambung saluran masukan 1(P) ke saluran keluaran 2(B) atau 4(A).
Seal kedua pada kumparan piston menghubungkan saluran pembuangan ke
lubang pembuangan . Ada tombol manual yang menumpang pada setiap akhir
dari pengoperasian katup secara manual. Katup 5/2 dengan pilot udara ganda
mempunyai sifat memori kontrol. Posisi pensakelaranterakhir dipertahankan
sampai posisi pensakelaran baru diawali oleh sinyalpilot pada sisi yang
berlawanan dari sinyal terakhir. Posisi yang baru ini disimpan sampai sinyal
yang lain diberikan .
Konstruksi katup 5/2 dudukan piringan seperti gambar berikut :



2.1.6 Pemasangan Katup
2.1.6.1 Pemasangan Katup Dengan Tuas Rol
Keandalan sebuah pengontrolan bertahap sangat bergantung pada
pemasangan katup batas ( limit switch ) yang benar. Untuk semua perencanaan
pemasangan katup batas harus bisa diatur posisi kedudukan dengan mudah
agar supaya mendapatkan keserasian koordinasi gerakan silinder dalam urutan
kontrol.
2.1.6.2 Penempatan Katup
Pemilihan katup yang cermat, penempatan yang benar  adalah sebagai
salah satu persyaratan lanjutan, untuk keandalan sifat pensakelaran harus
bebas gangguan pengoperasiannya, hal ini memberikan kemudahan untuk
mereparasi dan memelihara. Pemakaian ini pada katup-katup dalam bagian
daya dan katup-katup dalam bagian kontrol.
Katup yang diaktifkan secara manual untuk sinyal masukan pada
umumnya ditempatkan pada panel kontrol atau meja kontrol. Maka dari itu
praktis dan tepat sekali untuk memakai katup-katup  dengan pengaktifan yangbisa ditempatkan pada katup dasar. Variasi pengaktifan tersedia untuk macam
yang luas dari fungsi masukan.
Penempatan katup kontrol harus bisa diambil dengan  mudah untuk
mereparasi, mengeluarkan atau memodifikasi kerjanya. Penomoran komponen
dan pemakai indikator sebagai penunjuk untuk sinyalkontrol merupakan hal
yang paling penting guna untuk mengurangi waktu tunda dan memudahkan
pencarian kesalahan.
Katup-katup daya mempunyai tugas pengaktifan pneumatik untuk
mengatur sesuai dengan urutan tahapan kontrol yang  telah ditentukan.
Persyaratan dasar untuk katup daya adalah untuk membolehkan membalik
aliran udara ke silinder begitu sinyal kontrol telah diberikan. Katup daya
sebaiknya ditempatkan sedekat mungkin dengan silinder. Agar supaya panjang
saluran bisa diperpendek dan juga waktu pensakelaran seideal dan sependek
mungkin . Katup daya bisa ditempatkan langsung ke pengatur. Sebagai
keuntungan tambahan adalah bahwa penyambung, slang  dan waktu
pemasangan bisa dihemat.
2.2 Katup Satu Arah
Katup satu arah adalah bagian yang menutup aliran ke satu arah dan
melewatkannya ke arah yang berlawanan. Tekanan padasisi aliran membebani
bagian yang menutup dan dengan demikian meningkatkan daya perapatan
katup.
Ada banyak variasi dalam ukuran dan konstruksi dikembangkan dari katup satu
arah. Disamping itu katup satu arah dengan fungsi elemen yang lain
membentuk elemen yang terpadu, seperti katup kontrol aliran satu arah, katup
buangan cepat, katup fungsi “DAN”, katup fungsi “ATAU”.
2.2.1 Katup Cek ( Check Valves )
Katup satu arah dapat menutup aliran secara sempurna pada satu arah.
Pada arah yang berlawanan, udara mengalir bebas dengan kerugian tekanan
seminimal mungkin. Pemblokiran ke satu arah dapat dilakukan dengan konis
(cones ), bola, pelat atau membran.






2.2.2 Katup Dua Tekanan / Katup Fungsi “ DAN “ (Two Pressure Valves )
Elemen-elemen pada 3 saluran penghubung yang mempunyai sifat satu
arah dapat dipasang sebagai elemen penghubung sesuai arah aliran udara.
Dua katup yang ditandai sebagai elemen penghubung mempunyai karakteristik
logika yang ditentukan melalui dua sinyal masukan dan satu keluaran. Salah
satu katup yang membutuhkan dua sinyal masukan untuk menghasilkan sinyal
keluaran adalah katup dua tekanan (Two Pressure Valves) atau katup fungsi
“DAN”.





Udara bertekanan hanya mengalir jika ke dua lubang masukan diberi
sinyal. Satu sinyal masukan memblokir aliran. Jika  sinyal diberikan ke dua sisi
masukan ( X dan Y ), sinyal akan lewat ke luar. Jika sinyal masukan berbeda
tekanannya, maka sinyal dengan tekanan yang lebih besar memblokir katup
dan sinyal dengan tekanan yang lebih kecil yang mengalir ke luar sebagai sinyal keluaran. Katup dua tekanan pada umumnya digunakan untuk kontrol
pengunci, kontrol pengaman, fungsi cek dan fungsi logika.




2.2.3 Katup Ganti / Katup Fungsi “ATAU” ( Shuttle Valve )
Katup ini mempunyai dua masukan dan satu keluaran. Jika udara dialirkan
melalui lubang pertama (Y), maka kedudukan seal katup menutup lubang
masukan yang lain sehingga sinyal dilewatkan ke lubang keluaran (A). Ketika
arah aliran udara dibalik (dari A ke Y), silinder atau katup terhubung ke
pembuangan. Kedudukan seal tetap pada posisi sebelumnya karena kondisi
tekanan.

 
Katup ini disebut juga komponen fungsi “ATAU”. Jika silinder atau katup
kontrol dioperasikan dari dua tempat atau lebih, katup ganti bisa digunakan.
Pada contoh berikut menunjukkan sebuah silinder yang diaktifkan dengan
menggunakan sebuah katup yang dioperasikan dengan tangan dan lainnya
dipasang pada posisi yang berjauhan.




2.2.4 Katup Buangan-Cepat ( Quick Exhaust Valve )
Katup buangan-cepat digunakan untuk meningkatkan kecepatan silinder.
Prinsip kerja silinder dapat maju atau mundur sampai mencapai kecepatan
maksimum dengan jalan memotong jalan pembuangan udara ke atmosfir.
Dengan menggunakan katup buangan cepat, udara pembuangan dari silinder
keluar lewat lubang besar katup tersebut.



 Katup buangan cepat mempunyai sambungan udara masukP, keluaran A
dan lubang pembuangan R. Aliran udara masuk lewat P dan keluar bebas
melaui terbukanya komponen katup cek. Lubang R terblokir oleh piringan .
Jika udara disuplai dari lubang A, piringan akan menutup lubang P dan
udara keluar ke atmosfir lewat lubang R. Peningkatan kecepatan tersebut
dibandingkan dengan pembuangan udara lewat katup kontrol akhir. Cara
tersebut mudah dilaksanakan dengan jalan memasang katup buangan-cepat
langsung pada silinder atau sedekat mungkin dengan silinder.





2.3 Katup Kontrol Aliran
Katup kontrol aliran mempengaruhi volume aliran udara bertekanan
yang keluar pada dua arah. Bila katup cek dipasang  bersama-sama dengan
katup ini, maka pengaruh kontrol kecepatan hanya pada satu arah saja.
Gabungan katup ini dapat dipasang langsung pada lubang masukan atau
keluaran silinder atau pada lubang pembuangan katup kontrol arah.

2.3.1 Katup Cekik , Dua Arah ( Throttle Valves)
Katup cekik pada keadaan normal dapat diatur dan pengesetannya dapat
dikunci pada posisi yang diinginkan. Karena sifat udara yang kompresibel,
karakteristik gerakan silinder tergantung dari beban dan tekanan udara. Oleh karena itu katup kontrol aliran digunakan untuk mengontrol kecepatan silinder
dengan berbagai harga yang bervariasi. Hati-hati agar tidak menutup katup ini
penuh, karena akan menutup udara ke sistem.


2.3.2 Katup Kontrol Aliran, Satu Arah.
Dengan konstruksi katup seperti ini, aliran udara lewat pencekikan
(penyempitan) hanya satu arah saja. Blok katup cek  akan memblokir aliran
udara, sehingga aliran udara hanya lewat pencekikan. Pada arah yang
berlawanan udara bebas mengalir lewat katup cek. Katup ini digunakan untuk
mengatur kecepatan silinder.

Ada dua jenis rangkaian pencekikan aliran udara untuk silinder kerja
ganda :
"Pencekikan udara masukan.
"Pencekikan udara buangan.

2.3.2.1 Pencekikan Udara Masukan
Pada pencekikan udara masukan, katup kontrol aliransatu arah dipasang
sedemikian rupa sehingga udara yang masuk silinder  dicekik. Udara
pembuangan bisa keluar dengan bebas melalui katup satu arah yang dipasang
pada sisi keluaran silinder. Perubahan pergeseran beban ketika melewati
sebuah katup pembatas, menunjukkan ketidakteraturanyang besar dalam
pemberian kecepatan, jika udara masukan diperkecil.
Pencekikan udara masukan dapat digunakan pada silinder kerja tunggal
dan dan silinder dengan volume kecil.

2.3.2.2 Pencekikan Udara Keluaran
Dengan pencekikan udara buangan, udara masukan mengalir dengan
bebas ke silinder dan udara buangan dicekik. Dalam  hal ini piston dibebani
antara dua pengereman. Pertama, efek pengereman adalah tekanan masukan
pada silinder dan yang kedua adalah udara buangan yang ditahan oleh katup
kontrol aliran satu arah.
Pencekikan udara buangan digunakan untuk mengatur kecepatan silinder
kerja ganda.

No comments:

Post a Comment